7 Rahasia Sukses Google



7 Rahasia Sukses Google [ www.BlogApaAja.com ]

Sejak berdiri tahun 1998, Google terusmengibarkan panji-panji kejayaan. Hingga kini, mereka masih menjadi mesin caripaling populer di dunia meski beberapa pesaing berat muncul.

Google didirikan oleh dua anak muda, SergeyBrin dan Larry Page. Kedua sosok pintar tersebut adalah alumnus StanfordUniversity, salah satu kampus paling bergengsi di dunia.

Lalu, apa sejatinya rahasia sukses Googlehingga tetap mampu meraksasa sampai sekarang? Berikut di antaranya sepertidikutip detikINET dari Business Insider :

1. Gairah menjadiyang terbaik



Sejak awal berdirinya, Sergey Brin dan LarryPage ingin Google nantinya menjadi yang terbaik di bidangnya. Yakni menjadimesin cari nomor satu.

"Kami ingin sebanding dengan Yahoo,Amazon, atau AOL. Kami ingin jadi nomor satu dalam market share pencarian. Dankami pikir kami bisa melakukannya tak lama lagi," kata Brin.

"Tidak ada alasan memasang target rendah.Jika Anda melakukan semuanya dengan benar, Anda bisa melompat lebih tinggidibandingkan orang lain," ucap Brin optimistis, dalam wawancara di tahun1999 itu.

Kedua pendiri tersebut juga menegaskan bahwamendapatkan banyak uang bukanlah motivasi utama mereka. Namun gairah menjadiyang terbaik.

"Jika kami termotivasi oleh uang, kamiakan menjual perusahaan ini di masa lalu dan kami akan berwisata kepantai," ucap Page dalam wawancara di tahun 2006.

2. Budaya kerjayang fun



Google berulangkali dinobatkan sebagai tempatkerja yang paling diidamkan. Salah satu faktornya adalah suasana kerja yangfun. Memang, kantor mereka penuh dengan warna dan berfasilitas lengkap.

"Kami berpikir banyak soal bagaimanamenjaga kultur perusahaan dan elemen yang fun. Saya tidak tahu apakahperusahaan lain juga memikirkannya sebanyak kami," ucap Page.

"Kami menghabiskan banyak waktu untukmembangun kantor dengan tepat. Kami suka bangunan ini karena lebih sepertisebuah universitas ketimbang kantor pada umumnya," tambah Page.

3. Tak hentiberinovasi



Meski sudah berjaya, Google tidak lantastinggal diam. Mereka terus berinovasi dengan berbagai macam produk baru. Memangsejak awal, Google sudah fokus pada inovasi.

PAda tahun 2000, jumlah pekerja Google baru150 orang. Namun lebih dari separuhnya adalah teknisi dan yang bekerja dibidang riset dan pengembangan (R&D).

"Kami sangat senang berinvestasi banyakdi bidang R&D. Teknisi dan R&D berhubungan erat," ucap SergeyBrin.

Berbagai produk baru Google pun terasainovatif. Seperti kacamata pintar dan mobil yang bisa berjalan secara otomatis,tidak perlu campur tangan pengemudi.

4. Produk yanghebat tapi sederhana



Banyak pebisnis online melakukan banyak caraagar orang tetap mengakses situs mereka lama-lama. Namun Google tidak melakukanhal itu.

Brin dan Page ingin agar para user bisamelakukan pencarian secepat mungkin. Karena itulah, produk mesin cari Googleterkesan sederhana dan to the point meski sejatinya sangat canggih.

"Kami ingin Anda mengunjungi Google danmenemukan apa yang Anda inginkan dengan cepat. Dan, kami senang untukmengantarkan Anda ke situs lain," kata Larry Page suatu ketika.

5. MenjadikanGoogle bagian hidup



Banyak orang hanya mengenal Google sebagaimesin cari online utamanya. Begitu ingin mencari informasi tertentu, merekalangsung mengakses Google.

"Kami bagian dari kehidupan orangsehari-hari, seperti menggosok gigi. Mereka melakukan (pencarian online) setiaphari kala sedang bekerja, membeli sesuatu, memutuskan apa yang dilakukansetelah bekerja dan masih banyak lagi," kata Brin.

"Google telah diterima menjadi bagiandari kehidupan orang banyak," imbuhnya.

6. Don"t Be Evil



Don"t Be Evil atau jangan menjadi jahat adalahsemboyan Google. Mereka mengakui selalu berusaha memegang semboyan tersebut.Terlebih, Google mengontrol sangat banyak informasi.

"Mesin cari memainkan peran sangatpenting dalam kehidupan orang, menentukan informasi apa untuk Anda. Anda harusmempercayai pihak yang melakukan hal seperti itu untuk Anda," ucap Page.

"Kami mencoba untuk mendefinisikan secaratepat kekuatan untuk kebaikan, melakukan kebenaran dan etika. Don"t be evilsepertinya adalah cara termudah untuk merangkum hal itu," tuturnya.

7. Duet Maut



Pada akhirnya, kesuksesan Google adalah berkatLarry Page dan Sergey Brin, kedua pendirinya. Boleh dibilang, keduanya adalahduet maut yang membuat Google meraksasa.

Padahal pada awal pertemuan mereka di tahun1995, mereka dikabarkan kurang akur. Mereka berjumpa pertama kali di kampusStanford.

Namun Brin dan Page akhirnya malah bekerjasamamengembangkan mesin cari online. Sampai sekarang, keduanya masih menjadi bosbesar Google dengan Larry Page menjabat posisi CEO.

Follow On Twitter