Nenek Bilang Anak Sekarang Tidak "sopan"





Banyak yang bilang anak yang lahir pada zaman sekarang kurang sopan. Di karenakan orang tua malas mencontohkan sikap sopan. Padahal, sikap sopan itu sangat penting.

Orangtua yang liberal biasanya membiarkan anak-anaknya mengekspresikan dirinya sehingga membunuh rasa sopan santun,

Nenek percaya, perilaku yang baik hanya bisa dipelajari dengan memberikan contoh. Padahal, banyak orangtua abad ke-21 gagal untuk memberikan batas-batas disiplin yang sama yang mereka miliki.

Hasil penelitian dari 100 kakek-nenek oleh Grannynet website yang dikutip dari Dailymail, Jumat (7/12/2012), terungkap hanya 54 persen anak-anak sekarang yang duduk untuk makan malam dengan keluarganya, setidaknya sekali sehari.

Jumlah ini menurun 92 persen nenek saat tumbuh dewasa dan 87 persen ketika nenek membesarkan anak-anaknya.

Kebiasaan buruk saat makan malam terbukti menjadi pembicaraan bagi banyak orang.

Saat ini saja, hanya 49 persen anak-anak yang menanyakan apakah bisa meninggalkan meja pada akhir makan, dibandingkan 89 persen ketika kakek ketika tumbuh dewasa dan 80 persen ketika orangtua masih kanak-kanak.

Dan meletakkan siku di atas meja saat makan pernah dianggap perilaku yang paling buruk, dan sekarang hanya 19 persen orangtua yang menerapkannya.

Salah satu nenek yang disurvei mengatakan: "cucu saya memiliki tata krama meja yang buruk karena mereka belum diajarkan orangtua mereka".

Namun survei itu juga menunjukkan sejumlah harapan, karena sebagian besar anak-anak masih menggunakan kata "silakan" dan "terimakasih".

Namun hanya 37 persen anak-anak zaman sekarang yang mengatakan "permisi" sebelum melintasi seseorang, dan berbeda dengan zaman neneknya yang masih kecil yang mencapai 82 persen.

Nenek juga menyerang penurunan tajam dalam jumlah anak yang melakukan kontak mata dengan orang dewasa ketika berbicara dengannya.

Banyak nenek yang disurvei setuju, sopan santun diajarkan dengan contoh, dan menyalahkan sikap orangtua yang malas mencontohkannya.

"Survei ini telah mengungkapkan beberapa reaksi menarik," kata Pendiri Grannynet Verity Gill.

"Apa yang kami temukan, telah terjadi pergeseran yang nyata dalam perilaku sopan pada anak-anak di zaman modern ini dibandingkan dengan apa yang diharapkan dari ibu dan nenek mereka".

"Mungkin soal sopan "modern" tidak menjadi sama dengan sopan dari masa lalu".

Follow On Twitter